Unforgettable Ten Years

Masih segar dalam ingatan saya, sepuluh tahun lalu di bulan Juli, saya mengikuti psikotest di Universitas Udayana, sebagai syarat untuk bekerja di BPR Lestari. Saat itu saya melamar sebagai Management Trainee. Pakaian yang saya pakai dan suasana saat saya interview dengan Bapak Made Wenten (saat ini sebagai Direktur) dan Pak Alex P Chandra (saat itu Direktur Utama), seolah baru kemaren saya lakoni.

Saya menjalani pendidikan di bagian Teller, Administrasi Kredit, Sales Force, hingga akhirnya saya ditempatkan sebagai sales di BPR Lestari Hardys Sesetan Denpasar. Tak lama di BPR Lestari Hardys, saya ditarik kembali ke kantor pusat di jalan Teuku Umar (ketika itu masih di depan RS Kasih Ibu) untuk bekerja di bagian Customer Service. Saat itu BPRLestari mulai ramai dikenal oleh masyarakat, sehingga dibutuhkan petugas tersendiri untuk melayani pembukaan rekening dan sekaligus sebagai operator telepon.

Setahun saya bekerja di Customer Service, akhirnya saya memberanikan diri terjun kembali dalam team Sales. Motivasi saya saat itu sederhana, “saya butuh uang”, dan pekerjaan yang menghasilkan lebih banyak uang adalah menjadi seorang salesman. Berbekal referensi dari nasabah selama di Customer Service, mengasah kemampuan bicara dan negosiasi, prospecting dibantu teman-teman saat itu, plus para nasabah yang sungguh luar biasa kepercayaannya, sharing berbagai ilmu, menggembleng mental ini dengan baik, berhasil mengantarkan saya pada rejeki demi rejeki termasuk bertandang ke luar negeri di tahun 2012 untuk pertama kalinya.

Empat tahun kemudian saya harus kembali ke kantor pusat untuk di tempatkan di Relationship Manager, yaitu satu department baru yang didirikan khusus untuk lebih concern pada nasabah prioritas nominal dua milyar ke atas. Di tahun 2013, saya mendapat kepercayaan bersama dua rekan lainnya untuk menemani para nasabah pemenang undian Tabungan Jumbo, liburan ke negeri Sakura selama 5 hari. Adalah satu pengalaman yang luar biasa, berbagi cerita dengan para nasabah ini diluar keseharian mereka mengelola bisnis di Bali.

Dua tahun kemudian saya ditempatkan lagi di divisi baru, yaitu divisi Compliance (Kepatuhan). Divisi yang lazim di bank umum ini sekarang wajib ada di BPR. Mengerti dan paham tentang seluk beluk regulasi adalah suatu bentuk dunia baru bagi saya yang dulunya aktif sebagai karyawan yang biasa bertemu dengan banyak orang.

Sepuluh tahun sudah saya bersama BPRLestari. Sebagai seorang staff saya ingin sharing bahwa :

BPR Lestari sebagai Institusi Perbankan, selali memiliki cara-cara yang unik untuk menginspirasi dan mendidik seseorang untuk keluar dari zona nyaman.

Sebagai sebuah perusahaan lokal dan “dipaksa” untuk harus selalu maju dan berkembang, membuat setiap orang stafnya berusaha bekerja maksimal dan memunculkan berbagai ide kreatif untuk menunjang pekerjaan mereka masing-masing. Perusahaan yang selalu tumbuh ini melakukan inovasi dan pengembangan lainnya, sehingga banyak sekali PR dan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Setiap orang akan ditantang untuk mampu menyelesaikan PR tersebut dan berkontribusi maksimal, pahala nya, tentu karier Anda lebih cepat terlihat oleh management.

BPR Lestari is a Complete Learning Centre about Rural Bank

Disini Anda akan menemukan banyak sekali orang, ahli, teman yang bisa diajak bertukar pikiran, berdiskusi, mencari tahu bahkan membimbing tentang apa itu perbankan khususnya BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Perusahaan ini memberikan kesempatan seluas luasnya kepada setiap stafnya untuk belajar, curious dan salah satu credo perusahaan yaitu Be An Expert secara sungguhsungguh dibuktikan oleh BPRLestari, bahwa untuk menjadi UNFORGETTABLE TEN YEARS…. seorang bankers yang berhasil kita harus ahli, kita harus paham, knowledge yang cukup baik, karena bisnis banking adalah bisnis kepercayaan.

BPR Lestari mengajarkan saya berfokus pada “orang”

Begitu banyak bisnis di dunia ini dan tentu saja sedikit sekali bisnis yang benar-benar baru. Begitu sengitnya persaingan sehingga tak ada lagi faktor pembeda selain memberikan service yang baik atau produk yang benar-benar unik. Sejak pertama kali bergabung, BPR Lestari lebih memilih berfokus pada orang. Setiap staf, terutama yang bergerak di bidang sales dan customer service harus mampu menjadi financial consultant bagi para nasabah. Financial consultant berarti membuat kami harus lebih banyak mendengarkan. Sejujurnya, dengan lebih banyak mendengar, kami menjadi lebih banyak menerima ilmu, lebih rendah hati dan lebih mampu memberikan solusi yang lebih baik. Hasilnya, networking yang luas, pertemanan yang kuat dan mungkin anda justru bisa menghubungkan networking itu bertemu partner bisnis baru.

BPR Lestari identik dengan Having & Have Fun

Bekerja terus menerus tanpa menikmati hasilnya bukanlah rumus kesehatan yang baik, begitu juga sebaliknya, Anda berfoya-foya tanpa menghitung apa gaji sudah pantas atau belum juga jurus sukses menuju kepailitan. Setiap orang harus memiliki cita-cita apapun itu, entah tanah, rumah, mobil, perhiasan, logam mulia bahkan mungkin naik Haji atau Umroh. Apapun cita-cita itu, kami “dipaksa” untuk mewujudkan, konsisten, sabar dan kerja keras adalah modal dasar sampai akhirnya kami berhasil “having”. Lalu apa kami lupa tentang have fun? Tentu tidak, karena kami adalah pribadi dinamis yang bisa have fun dengan berbagai cara, minimal dengan Zumba Dance di lapangan Renon.
Saya tak ingin terlambat mengucapkan terima kasih pada Tuhan, pada seluruh jajaran management, co worker dan para sahabat serta para nasabah yang sungguh luar biasa, telah mengantarkan saya pada kesuksesan. Anda semua adalah Inspirasi.

(Thank you to beloved mother and family for your blessed everyday and thank you to Rusli Sandjaya for never ending motivation)

By Ina Lestari

Related News

Leave a Reply

Flag Counter

Copyright © 2020 LESTARI MEDIA. All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri