Olahraga Di Kantor, Why Not ?

Males ah, lagi banyak kerjaan,” celotehan ini kerap kali menjadi alasan untuk menghindar dari aktivitas olahraga. Padahal rutinitas di kantor sering memaksa kita untuk duduk berlama-lama memandangi layar monitor, tanpa memberi ruang untuk melakukan gerakan dinamis. Akhirnya tubuh merasa pegal-pegal dan kantuk pun mulai melanda. Kebiasaan seperti ini memang sangat beresiko bagi kesehatan tubuh, bahkan buruknya lagi dapat melipat gandakan risiko kanker usus.

Ada baiknya, Anda mulai menerapkan semacam olahraga ringan di belakang meja kantor. Tidak aneh melakukan hal ini, apalagi tidak memerlukan alat berat, serta tak akan mencuri waktu kerja. Beberapa tips olahraga ringan di bawah ini kami rangkum dari beberapa sumber bisa Anda praktekan di kantor.

1. Jangan duduk terlalu lama duduk terlalu lama dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh-pembuluh darah. Oleh karena itu, sangat perlu bagi kita untuk berdiri sejenak setiap setengah jam sambil sedikit berjalan-jalan di sekitar ruang kantor. Ini sangat baik untuk menjaga sirkulasi darah agar tetap normal pada lengan dan kaki, sehingga mencegah efek tegang.

2. Istirahat sejenak dari layar monitor terlalu lama menatap layar monitor memang tidak baik bagi kesehatan mata. Cobalah anda alihkan fokus mata dari layar komputer setiap 30 menit dengan melihat pemandangan lain, semisal jendela, meja, jam, atau pintu. Hal ini mampu meningkatkan gerakan mata, mencegah iritasi, dan sakit kepala.

3. Perbaiki posisi tubuh cobalah untuk mengatur posisi postur tubuh dengan baik, saat anda duduk beraktivitas di meja kantor. Tegakan postur tubuh, lantas tarik bahu ke belakang, dan sejajarkan mata dengan bagian atas monitor. Jika harus melihat monitor ke arah bawah atau atas, maka perlu menyesuaikan ketinggian dari layar atau kursi agar sejajar. Pastikan juga pergelangan tangan anda tidak menggantung di atas keyboard atau mouse pad.

4. Tarik nafas dalam-dalam Anda bisa menarik napas dalam-dalam dengan menggunakan otot perut untuk menjaga kesegaran paru-paru dan pikiran. Cobalah tahan perut selama beberapa detik dan kemudian lepaskan bersamaan dengan mengeluarkan nafas. Hirup udara segar yang baik untuk paru-paru dengan berjalan-jalan di luar.

————————————- Baca juga Healthy Living – Usir Migrain Saat Bekerja ———————————-

Lakukan latihan peregangan secara teratur Terapkan latihan ini untuk meregangkan otot-otot, agar tidak terasa kaku. Anda bisa mempraktekannya pada tangan, kaki, leher dan dada, di mana bisa dilakukan sambil duduk. Untuk leher, Anda bisa lakukan gerakan leher ke atas dan ke bawah kemudian ke kanan dan ke kiri secara berlahan. Sementara pada bagian bahu, Anda bisa melepaskan ketegangannya dengan memutar bahu ke depan kiri dan kanan sekitar 10 kali. Sedangkan untuk lengan bisa dengan cara melebarkan tangan selebar bahu, lalu lakukan peregangan. Pada pergelangan tangan dan kaki, Anda bisa putar-putar pergelangan tangan dan kaki setiap jam. Ini untuk mencegah carpal tunnel syndrome, terutama jika menghabiskan banyak waktu untuk mengetik. Anda bisa memutar pergelangan tangan dan kaki searah jarum jam, kemudian arah sebaliknya. Untuk bagian dada, terlebih jika sering membungkuk di depan keyboard. Coba buka tangan lebar-lebar. lalu putar pergelangan tangan secara eksternal (posisi jempol naik turun), kemudian tarik bahu kembali. Di bagian perut, Anda bisa melakukan peregangan dengan cara menarik otot perut, lalu menahannya selama beberapa detik, kemudian lepaskan.

5. Minum air putih yang cukup asupan air yang cukup mampu membuat seseorang lebih waspada. Oleh karena itu, jangan malas untuk mengisi ulang air. Selain bisa mendapatkan air yang cukup, juga baik untuk olahraga kaki secara bersamaan. Apa sekarang Anda siap mempraktekannya di kantor?

Related News

Leave a Reply

Flag Counter

Copyright © 2020 LESTARI MEDIA. All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri