Griya Unik Dari Ex-Container

Jika Anda pernah melewati kawasan pelabuhan seperti Tanjung Priok Jakarta atau Tanjung Perak Surabaya, maka melihat ratusan tumpukan, bahkan mungkin ribuan kontainer adalah pemandangan yang sangat biasa. Tidak heran memang, karena itulah sarana terbesar paling efektif untuk mengirimkan barang via laut dengan aman dan praktis. Yang tidak biasa adalah jika kontainerkontainer tersebut dialih fungsikan sebagai kantor, tempat tinggal, bahkan hotel.
Selama beberapa tahun terakhir, hal inilah yang tengah trend di sejumlah daerah termasuk Indonesia. Penggunaan material kontainer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tetap nyaman bahkan menarik dan unik.

Di Bali, bangunan unik ini juga telah ada di Jalan Desa Mas Kecamatan Sukawati yang menuju ke arah Ubud. Lokasinya yang berada di pinggir jalan raya Desa Mas, penghubung antara Kota Denpasar menuju Kota Gianyar. Bangunan griya ini adalah gallery yang memajang hasil kreatifitas dari barang-barang bekas berbahan keras seperti seng, besi dan aluminium. Dengan luas tanah 800 m2 dan luas bangunan 300 m2, banyak orang berdecak kagum. Sekilas orang akan mengira, seperti bungalow atau vila. Penataan taman, komposisi pelataran dipadu dengan rumah utama dan rumah teras menjadikan griya ini semakin mempesona. Indah dan sedap, perpaduan antara etnis dan modern.

Pintu gerbang terbuat dari pintu kontainer baja yang masih asli , masih ada tulisan dari Bea Cukai yang memberi stempel izin pengiriman kontainer. Dan memasuki taman utama, kita akan disambut dengan pahatan batu letter “LOVE” , juga ucapan selamat datang dari sang pemilik rumah, Ibu Lenny dan Bapak Tjandra.

Rumah utamanya ada 2 lantai. Di sinilah keunikan yang membuat orang banyak terkesima. Di lantai 1, tempat biasanya tuan rumah menjamu para tamu. Kontainer bekas hampir seluas 200 m2, disulap menjadi dinding rumah dan masih asli dengan stempel pengiriman kontainer yang bercat merah. Griya ini dibangun sejak tahun 2009 dan dibuka untuk umum sejak tahun 2011 oleh pemiliknya.

Related News

Leave a Reply

Flag Counter

Copyright © 2020 LESTARI MEDIA. All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri