Commercial Properties Sebagai Income Generating Asset

Income Generating Asset adalah suatu asset (harta) yang memberikan kita cash flow (pendapatan) secara regular.

Commercial Properties dapat berupa ruko (rumah toko), rukan (rumah kantor), office space, shops, warehouses/gudang, gedung pertemuan, meeting room, hotel room, villa yang di kelola seperti hotel dan bangunan sejenisnya.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam berinvestasi Commercial Properties adalah :

Siapa developernya
Sangat “crucial” dalam membeli  commercial properties. Apalagi kalau membeli property dari “rencana/gambar” atau masih dalam konstruksi. karena yang dibeli lebih merupakan “janji seorang developer” untuk melaksanakan “konsep” proyeknya.

Cari tahu siapa orang-orang dibelakang proyek ini, bagaimana track recordnya, proyek apa saja yang sudah dibangun, bagaimana ‘success rate’ dari proyek-proyek yang sebelumnya, bagaimana karakter developer ini.

Dimana lokasinya
Ini sangat penting pada saat kita mau merealisasikan “profit” (menjual investasi) dari investasi. Apakah lokasinya bagus untuk proyek tersebut.  Bagaimana potensi kenaikan harga tanah/property di daerah tersebut? Untuk Commercial properties, lokasi juga menjadi sangat crucial.

Lokasi premium akan selalu memiliki kenaikan harga/equity yang lebih besar daripada daerah yang kurang premium.

Apa Konsepnya
Apakah commercial property, residential, condotel, time share investment, free standing villa atau dalam kompleks. Bagaimana after salesnya, apakah akan dikelola atau jual putus, siapa yang akan mengelola, adakah return garansi dan bagaimana meng-exercise return garansinya dan lain sebagainya.

Renon Square – Kombinasi Income & Prestige

Renon Square adalah sebuah kluster 6 ruko (Commercial Properties) yang terletak di jantung daerah Renon dengan lokasi yang sangat premium.

Renon Square memiliki design “modern classic” dengan “balinese touch”.  Ruko ini dibangun sebagai gedung 3 lantai dengan parkir yang luas. Sejumlah 6 ruko / rukan, ini akan memiliki space parking  (designated parking) masing-masing, akan tetapi untuk estetika dan kenyamanan bersama, lapangan parkir “tidak  boleh” dipagar ataupun disewakan kepada “wisata kuliner”.

Renon Square merupakan lokasi yang sangat strategis untuk bisnis seperti bank, insurance office, up market beauty /hair salon, showroom, prestige office.
Sebagai investasi, Renon Square memang ditujukan untuk medium size investor, yang mau berinvestasi atau berbisnis dan menikmati ‘booming’ property market di daerah tersebut.

Di Renon Square ada 2 kombinasi potensi yang ditujukan untuk mendapatkan return , yang pertama dari  Cash Flow (yang berasal dari bisnis penyewaan ruko atau income dari bisnis yang akan berlokasi disitu) dan Capital Gain (yang berasal dari nilai Ruko-Rukan tersebut yang meningkat karena adanya  kenaikan harga tanah/properties didaerah tersebut). Jadi ada cash flow dari bisnis dan ada capital gain dari apresiasi nilai ruko.
Mengenai Capital Gain dari apresiasi harga atau nilai property, sebagai background saja, tanah sekitar area Renon dan sekitarnya  naik 300% dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Sebidang tanah dilokasi sekitar, nilainya 13 kali lipat dibandingkan 10 tahun yang lalu (ini pengalaman pribadi yaaa).

Limited Unit Available
Pada saat ini hanya 2 (dua) unit Ruko yang masih tersedia. Harga akan terus disesuaikan dengan progress yang terjadi di lapangan.

Related News

Leave a Reply

Flag Counter

Copyright © 2020 LESTARI MEDIA. All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri