Christina Prapmika Jayanti – Smart Girl Multitalent

Ada lebih dari 50 prestasi dan penghargaan yang diraih mantan artis cilik ini, padahal saat ini usianya masih tergolong belia. Sejak TK sudah mulai aktif diberbagai aktifitas, itu artinya dengan 15 tahun perjalanan karirnya, maka setiap tahunnya perempuan yang saat ini sudah membintangi 22 judul FTV tersebut membukukan 3-4 penghargaan per tahunnya dengan berbagai genre, mulai dari fashion, lomba presenter, membaca berita sampai dengan menyanyi. Hal ini jelas bukan prestasi yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Saat ini aktifitasnya semakin padat dengan berbagai permintaan untuk menggunakan jasanya sebagai MC diberbagai kegiatan-kegiatan komersil. Bahkan disela-sela proses make up yang dilakukan sebelum proses photo untuk majalah ini, wanita yang juga jawara Miss Emvee tahun 2011 ini masih sempat menerima panggilan telepon untuk sebuah job MC.

Bagi Anda penikmat acara Made in Bali di Dewata TV, tentu sudah tidak asing dengan wajah wanita yang satu ini. Kediamannya yang juga merupakan penginapan Janji Inn di Kuta, pemilik nama lengkap Ni Luh Christina Prapmika Jayanti yang kerap di panggil Titin ini, menyampaikan cerita perjalanan karirnya hingga meraih berbagai prestasi dan penghargaannya tersebut. Bagaimana dia mengawalinya?

Berkecimpung di dunia entertaint sejak kecil, apakah ini sebuah keputusan karir yang memang berawal dari diri sendiri, atau ada pengaruh dari orang tua?

Dari awal terjun ke entertaint itu karena memang suka, dari TK sudah suka menyanyi, suka menari, dan justru orang tua nggak terlalu memberikan dorongan. Mereka justru ingin saya berprestasi di akademik. Jadi waktu pertama saya mau gabung ke sebuah agency, orang tua memberi syarat harus rangking dulu. Dan syukurnya dari kelas 1 SD sampai dengan 3 SMU saya selalu masuk rangking 3 besar. Karena waktu kelas 2 SD itu bisa dapat rangking, maka masuklah saya ke sebuah agency, disana saya belajar olah vokal dan fashion. Jadi ya masuk agency itu sebuah hadiah karena mendapat rangking.

Dari sanakah kemudian berkembang?

Setelah 6 bulan saya direkrut oleh Yong Sagita, dengan kualitas vokal anak-anak saat itu, saya dinilai salah satu yang terbaik, karenanya dengan dua orang teman lainnya kita diajak membuat album, maka muncullah Dedari, grup vokal anak-anak, itu waktu saya kelas 3 SD. Kemudian kita bertiga membuat studio sendiri. Dari sana saya berkembang, karena sering perform dan suka ngomong, maka saya dapat tawaran menjadi MC. Mulailah saya coba-coba pekerjaan itu, pertama ada perusahaan percetakan yang meminta saya menjadi MC disebuah acara sekaligus menyanyi. Bahkan di kelas 6, saya sudah mulai mengembangkan koreo sendiri, malah dari sini saya pernah diminta bantuan kakak-kakak SMU membuat koreo mereka.

Terjun ke televisi waktu ikut lomba presentar, lomba pemilihan citra berprestasi yang diadakan oleh Bali TV dan dapat juara dua. Nah oleh Bali TV saya ditawari sebagai presentar program pendidikan anak-anak  Melali sambil Melajah. Dari sanalah saya mulai menjadi MC freelance yang lebih profesional karena berbayar, walaupun belum sesering sekarang. Bila saya hitung, pengalaman saya menjadi MC dari SD dulu sampai dengan sekarang sudah 79 kali perform. Selain di televisi, saya juga pernah menjadi penyiar selama 3,5 tahun di radio Cassanova dari kelas 1 SMU sampai kuliah.

Sekarang, masih aktif syuting untuk program televisi?

Saya membintangi 22 judul FTV, dikontrak selama satu tahun. Disana saya mendapat peran sebagai pembantu utama, jadi itu peran dimana saya sering menjadi tokoh antagonisnya. Kalau di televisi, saya membawakan 3 program di Dewata TV, Made in Bali tiap hari Rabu jam 5 sore, program yang berkaitan soal kerajinan dan kewirausahaan. Kemudian program “Menuju sehat dengan herbal”, dan program ketiga off air dari perusahaan sepeda motor, namun ditayangkan reguler.

Untuk fesitival, kapan mulai terjun?

Tahun 2007 sudah ikutan festival, waktu itu Mama & Leon yang mengadakan, namanya Putra Putri Klambi, kita disana menjadi brand ambassador untuk produk mereka. Cuma waktu itu nggak sampai juara 1, kemudian tahun 2008 ikutan Jegeg Bagus dan Runner Up 1 untuk Kabupaten Badung, baru kemudian ikut pemilihan Putri Emvee dan menjadi pemenang.

Nggak terpikir untuk lanjut ke festival yang skalanya lebih besar, seperti  Miss Indonesia misalnya?

Sebenarnya ada harapan kesana, dari sisi waktu juga masih memungkinkan, tapi sepertinya nggak, saya ingin menyelesaikan kuliah, tetap nge MC dan buka usaha nantinya.

Jika harus memilih, mana yang akan diprioritaskan antara MC, main film, fashion atau menyanyi?

MC, karena saya suka ngomong, passion saya suka menghibur orang, nggak wasting time juga dengan fee yang sangat menghargai kerja kita he..he… kalau film kan syutingnya lama.

Berarti untuk jangka pendek?

Ya lulus kuliah dulu, sambil mengembangkan talent, dan kalau bisa bekerja sama dengan banyak orang, dan bisa menjadi presentar yang menasional.

Apa yang belum tercapai saat ini?

Yang belum terpenuhi buka usaha, ingin punya usaha sendiri. Banyak juga pertimbangan lain untuk perencanaan ke depan, termasuk keinginan untuk sekolah lagi keluar negeri.

Lho bukannya penginapan Janji Inn ini milik keluarga, kan nantinya bisa menjadi penerus?

Saya kan anak perempuan, dan masih ada adik-adik juga. Dan ada juga yang cowok. Saya inginnya mengembangkan usaha yang lain, yang kepikiran sekarang sih membuat café, atau kalau selesai kuliah nanti menjadi psikiater karena sekarang kuliah jurusan psikologi. Masih banyak keinginan lainnya, seperti buka kursus public speaking kalau sudah banyak pengalaman. Saat ini sudah mulai belajar sambil membantu sesekali di usaha salon milik orang tua, tapi mereka juga sudah wanti-wanti agar saya punya usaha sendiri.

Saya lihat salah satu penghargaan yang pernah Anda terima sebagai pembaca presenter berita terbaik?

Iya, saya sebenarnya juga tertarik jadi presenter berita, tapi mungkin belum untuk televisi lokal karena berbagai pertimbangan, tapi tertarik kalau bisa menjadi presenter berita di televisi nasional. Saya juga suka nulis, semacam novel fiksi, draftnya sudah dibuat dari kecil, sekarang mungkin sudah selesai sekitar 70%, saya inginnya sih nanti dicetak, tapi sementara nulisnya masih stop.

Selain MC, ada kegiatan diluar entertaint?

Setiap tahun saya selalu melakukan kegiatan sosial, seperti berkunjung ke yayasan anak-anak berkebutuhan khusus. Biasanya saat ultah, saya ke rumah sakit dan memberikan bantuan ke mereka yang membutuhkan.

Sukses untuk karirnya ya Tin, semoga terus berkembang kedepannya!

Sama-sama, doa’in ya..

Related News

Leave a Reply

Flag Counter

Copyright © 2020 LESTARI MEDIA. All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri