5 Langkah Mudah Memulai Gaya Hidup Vegetarian

Pernahkah Anda terbesit keinginan untuk menjadi seorang vegetarian? Seiring dengan banyaknya orang yang sudah melek akan pentingnya gaya hidup sehat, jumlah penganut vegetarian pun semakin bertambah. Ini lantaran gaya hidup seorang vegetarian tidak jauh dari pola hidup sehat. Bagi mereka yang baru memulainya barangkali memang sangat sulit. Terutama bagaimana untuk tidak tergoda dengan daging. Seperti diketahui, vegetarian itu sendiri merupakan aliran atau paham yang menjalankan pola hidup sehat tanpa mengonsumsi bahan makanan bersifat hewani, melainkan hanya yang bersifat nabati. Menjadi vegetarian itu sejatinya adalah pilihan dan tidak boleh lantaran paksaan, sehingga meringankan mereka untuk menjalani setiap tahapannya. Berikut ini ada beberapa tips untuk memudahkan langkah Anda sebagai seorang vegetarian, terutama bagi yang benar-benar pemula!

 

1. Ingat, buah dan sayuran adalah menu utama

Hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk menjadi vegetarian adalah Anda harus siap untuk mengubah mindset di otak Anda tentang makanan. Jangan lagi memikirkan daging sebagai primadona dalam menu makanan Anda. Cobalah latih diri Anda untuk lebih menyukai buah dan sayuran tidak hanya kaya vitamin dan nutrisi, tetapi bahan makanan ini juga dapat langsung dinikmati tanpa harus melalui proses pemasakan terlebih dahulu.

2. Tenang, Anda masih bisa mengonsumsi karbohidrat

Banyak ketakutan yang beranggapan bahwa seorang vegetarian juga dilarang untuk mengonsumsi karbonhidrat. Itu salah besar, Anda masih bisa mengonsumsi karbonhidrat,karena zat ini sangat vital peranannya dalam membangkitkan tenaga di dalam tubuh Anda. Tidak harus makan nasi pustih, Anda juga bisa mengonsumsi kentang, ubi-ubian dan beras merah sebagai alternatif yang lebih sehat.

3. Kreatif terhadap menu makanan

Kalau Anda berpikir hidup sebagai seorang vegetarian itu monoton, dimana makanan yang dikonsumsi hanya itu-itu saja, maka Anda salah besar. Banyak vegetarian sejati bereksperimen dan kreatif terhadap menu makanannya tanpa harus melanggar aturan vegetarian. Mereka sering menyiapkan menu berbeda setiap hari dengan mengkombinasikan berbagai macam buah dan sayuran. Selain itu bisa juga dengan mengganti dressing salad sendiri dan bereksperimen dengan resep masakan khusus vegetarian. Anda pun bisa membuat menu vegetarian yang menarik di rumah, tanpa harus sering ke restoran vegetarian.

4. Teliti membaca label makanan

Seperti diketahui di pasaran lebih banyak menu makanan non vegetarian yang dijual ketimbang yang  vegetarian. Itu sebabnya Anda harus hati hati berbelanja makanan di swalayan maupun di pasar. Anda harus membaca label makanannya terlebih dahulu dan memperhatikan komposisi kandungannya. Pastikan tidak ada kandungan hewaninya.

5. Konsumsi protein alternatif

Siapa bilang sebagai vegetarian, Anda tidak bisa mendapatkan protein yang memadai? Protein tidak selalu berasal dari bahan makanan hewani. Kacang-kacangan, cokelat, dan biji-bijian adalah beberapa bahan makanan yang bersifat nabati, di mana menyimpan protein alternatif yang luar bisa.

Related News

Leave a Reply

Flag Counter

Copyright © 2020 LESTARI MEDIA. All Rights Reserved . Designed by Literatur Negeri